Cara Membaca Teks/Tulisan Dengan Cepat Terbaru

By Ivan Althirafi - 11 Mar 2015 No Comments
Cara Membaca Teks/Tulisan Dengan Cepat TerbaruMembaca cepat adalah membaca yang dilakukan terhadap sebanyak-banyaknya teks dalam waktu singkat mungkin. Namun tidak hanya dalam membaca begitu saja tanpa mengauasi isi bacaan. Isi bacaan juga menjadi sasaran untuk dikuasai dalam membaca cepat. 


Teknik membaca cepat ada dua.
  1. Teknik Skimming, adalah teknik membaca cepat untuk mendapatkan intisari. Misalnya gagasan pokok, kesimpulan, kesan, bahasanya dan sebagainya.
  2. Teknik Scanning, adalah teknik memahami informasi dari bacaan secara merata . Kegiatan membaca behenti setelah sampai pada bagian yang dibutuhkan. Misalnya membaca ensiklopedia, kamus dan sebagainya.
 Saat membaca cepat, catatan waktu yang diperlukan sangatlah penting karena waktu sebagai ukuran kemampuan membaca seseorang. Untuk itu, cara membaca harus benar-benar baik dan hasilnya pun juga baik. Untuk menguji kemampuan membaca itu, maka kamu dapat melakukan membaca secara berpasangan. Kamu sebagai pembaca dan teman mu sebagai pengecek waktunya. Selanjutnya , temanmu mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Dari semu pertanyaan itu, 75% harus mampu kamu jawab. Kegiatan penguji ini dapat dilakukan secara bergantian.

Prinsip membaca cepat harus kamu kuasai secara baik. Sesorang mampu membaca cepat secara baik jika sering berlatih. Untuk itu , ada cara yang dapat dipakai untuk meningkatkan kecepatan membaca seseorang. Misalnya seperti berikut ini.
  1. Metode gerak mata yang tepat, yakni memperluas jangkauan mata dan mengurangi regresi atau pembaca berulang.
  2. Menghilangkan kebiasaan membaca bersuara.
  3. Meningkatkan konsentrasi sewaktu membaca.

No Comment to " Cara Membaca Teks/Tulisan Dengan Cepat Terbaru "

Comment at this post if you find broken link or another. This is do-follow blogs and PR 1 , use Name/URL for get backlink for free NOT ADS, please don't use Live Link/Scam or your comment will deleted :)