Cara Membuat Screen Shot Atau Memfoto Tampilan Layar Monitor/Komputer

By Ivan Althirafi - 6 Jun 2013 1 Comment
Cara Membuat Screen Shot Atau Memfoto Tampilan Layar Monitor/Komputer - Screen shot, Cuplikan layar atau tangkapan layar (bahasa Inggris: screenshot, screen capture, atau screen dump) adalah suatu gambar yang diambil oleh komputer untuk merekam tampilan yang tampak di layar atau peranti keluaran visual lainnya. Biasanya ini adalah suatu gambar digital yang ditangkap oleh sistem operasi inang atau perangkat lunak yang dijalankan pada komputer, walaupun dapat pula dihasilkan oleh kamera atau peranti yang menangkap keluaran video dari komputer.

Cuplikan layar dapat digunakan untuk mendemonstrasikan suatu program, suatu masalah yang dihadapi, atau secara umum sewaktu keluaran komputer perlu ditunjukkan pada orang lain atau diarsipkan,.sebenarnya cara ini cukup mudah dan gampang sekali tetapi mungkin ada sebagian orang masih belum mengerti tentang cara membuat screen shot layar monitor anda, contohnya anda ingin membuat sebuah gambar dari tulisan yang telah anda dapatkan dari web dan anda ingin membuat tulisan tersebut menjadi foto. Maka anda harus menscreen shot untuk diberitahukan/dishare ke teman-teman anda :D. Atau jika anda sedang bermain sebuah game online dan anda ingin memberitahukan kelebihan atau keasikan di game tersebut anda bisa membuat screen shot dan meng-sharenya ke facebook dan twitter :D. Tutorial ini sebenarnya sangatlah mudah dan singkat tapi kata-kata saya saja yang saya panjang lebarkan agar lebih kelihatan banyak dan juga berkualitas supaya mbah google cepat mengindex domain baru ini dengan cepat :P. Untuk caranya silahkan ikuti langkah dibawah ini.


Cara membuat screen shot layar monitor :
Ada 2 cara untuk membuat screen shot, cara pertama dengan menggunakan software yang nantinya foto anda/tampilan dekstop yang anda inginkan akan langsung terupload diinternet, dengan software ini anda juga dapat mengcrop tampilan seberapa besar gambar yang nantinya akan ditampilkan.
Untuk cara yang kedua adalah  menggunakan cara manual yaitu langsung, dan sebelumnya pastinya setiap komputer mempunyai program dasar paint (untuk windowss) jika tidak photoscape,photoshop,ms.office juga tak masalah, fungsinya adalah untuk membuat screen shot dan menyimpanya kedalam sebuah file gambar setelah disalin ke clipboard nanti.



Cara membuat screen shot menggunakan software lightshot freeware :
  1. Pertama-tama anda harus mempunyai software lightshot, untuk download gratis silahkan mendownload dari website lightshot atau Klik disini untuk mulai download (SKIP AD/LEWATI)
  2. Setelah didownload silahkan buka file instalasinya, lalu anda akan disuruh untuk memilih untuk bahasa yang akan digunakan dalam proses instalasi, pilih indonesia lalu klik OK
  3. Selanjutnya untuk memulai proses instalasi silahkan klik "Lanjut"
  4. Setelah itu anda akan disuruh untuk menyetujui ketentuan dari layanan lightshot pilih "Saya setuju dengan kesepakatan tersebut" lalu klik "Lanjut"
  5. Tunggu beberapa saat setelah itu akan muncul tampilan bahwa proses instalasi berhasil sekarang klik "Selesai" untuk menutup proses instalasi.
  6. Sekarang tinggal ketik/tekan tombol "Print Screen" atau "Prt Scr" di keyboard untuk mulai memilih dan memfoto tampilan layar sekarang anda tinggal berikan masing2 garis dan pilih save untuk menyimpaya
  7.  Selamat mencoba dan semoga berhasil :D
Cara membuat screen shot menggunakan default program (Paint) :
  1. Cara termudah berikutnya adalah dengan menggunakan paint yaitu software yang pasti sudah ada di setiap komputer os bawaan windows, untuk cara membuatnya cukup mudah pada saat anda ingin membuat screen shot anda tinggal tekan "Print Screen" atau "Prt Scr" di keyboard maka secara otomatis tampilan layar anda tadi sudah masuk ke clipboard.
  2. Selanjutnya buka paint dan tekan "CTRL+V" atau Klik kanan, paste setelah itu tinggal anda save dalam format jpg saja supaya lebih kecil dan mudah untuk diupload.
  3. Selamat mencoba dan semoga berhasil :D  
Sekian arrtikel saya tentang cara membuat screen shot atau memfoto tampilan layar screen shot, saya sebagai penulis mohon maaf jika dalam cara pembuatan screenshot diatas kurang jelas. Dan apabila ada kesalahan dalam penulisan kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr.Wb 

    Posted By Ivan Althirafi R : Njajalae.com - For Sharing Software,Tips n Tricks, News and other

    Terimakasih telah membaca Cara Membuat Screen Shot Atau Memfoto Tampilan Layar Monitor/Komputer pada 6 Juni 2013 . Jika anda merasa artikel ini bermanfaat atau ingin menyalin mohon sertakan link sumber asli jika berkenan. Kritik dan saran bisa anda sampaikan melalui kotak komentar, jika merasa kesulitan silahkan tinggalkan komentar di posting ini. atau
    Contact ADMIN Via :

    1. Facebook :Ivan Althirafi R - www.facebook.com/ivanalthirafi
    2. Yahoo Mesenger PingBox : Click Here
    3. Email :
      • nbcmagetan@yahoo.com
      • althirafir.ivan5@gmail.com
    4. Phone Number :
      • 085730904746 (Sms Only)

    :: www.njajalae.com ::

    1 komentar to ''Cara Membuat Screen Shot Atau Memfoto Tampilan Layar Monitor/Komputer"

    ADD COMMENT

    Comment at this post if you find broken link or another. This is do-follow blogs and PR 1 , use Name/URL for get backlink for free NOT ADS, please don't use Live Link/Scam or your comment will deleted :)