Contoh Pembacaan Berita Oleh Reporter Televisi Dan Pembaca Radio
Contoh Pembacaan Berita Oleh Reporter Televisi Dan Pembaca Radio - Oke saya kembali posting dengan beberapa tugas untuk sekolah kali ini. Karena saya mendapatkan tugas juga, sekedar berbagi pengalaman dan juga sharing, kali ini saya akan membuat posting tentang contoh pembacaan berita oleh
reporter berita atau reporter yang sedang melaksanakan tugasnya dengan wawancara melaporkan suatu kejadian yang terjadi seperti di televisi, contoh berita dan lain-lain. Selain itu disini juga akan saya bahas contoh untuk pembawa acara di radio-radio FM.
   Belajar bagaimana membaca berita itu dibawakan dengan harapan pesan berita yang dikandung dapat tersampai pada pendengar, memang perlu dilakukan oleh calon pembaca berita. Tentunya dengan menggunakan intonasi, tekanan nada, tekanan dinamik dan ekpresi yang baik. Berikut di bawah Ini adalah contoh-contoh pembacaan berita di radio maupun televisi.
    Menurut Wikipedia Indonesia (ensiklopedia bebas), berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran,Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Sedangkan menurut buku pelajaran saya (Bahasa Indonesia kelas VIII terbitan ESIS) berita adalah kejadian atau peristiwa yang dicitakan kembali dengan menggunakan kata-kata, suara, atau gambar.
            Isi berita adalah fakta-fakta. Berita tanpa fakta biasanya disebut sebagai “kabar burung”, “gosip”, atau “berita bohong”. Susunan suatu berita atau fakta-fakta dalam berita dapat diungkapkan melalui pertanyaan Apa, Siapa, Kapan, Di mana, Mengapa dan Bagaimana, atau yang biasa disebut dengan 5W 1H (what, who, where, when, why, how). Untuk menentukan pertanyaan berdasarkan fakta yang dicari :
·      Apa                  : Penyebab atau akibat suatu kejadian.
·      Siapa                : Fakta lengkap tentang orang-orang yang terlibat dalam peristiwa/kejadian.
·      Kapan              : Waktu kejadian, sebelum kejadian, atau sesudah kejadian.
·      Di mana            : Tempat kejadian (deskripsi lengkap).
·      Mengapa          : Alasan tentang "Apa“.
·      Bagaimana        : Fakta tentang proses kejadian.
            Seperti setiap tulisan atau teks memiliki tiga bagian inti, yaitu bagian pendahuluan/pembukaan, isi atau rincian, dan penutup. Ciri khas teks berita adalah menggunakan teknik piramida terbalik. Maka dari itu, fakta dalam berita yang paling menonjol atau diperkirakan paling menarik ditempatkan pada bagian pembukaan, bukan di bagian isi atau penutup. Oke saya kira cukup untuk penjelasanya langsung saja ke inti pokok materi.

    Contoh Berita Untuk Reporter Stasiun Televisi :

    Pohon Tumbang, Jalur Busway Ditutup
    Pada Hari Rabu, 12 Maret 2008, hujan deras yang disertai angin kencang telah menumbangkan sebuah pohon yang cukup besar di depan sekolah Al-Azhar di Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pohon itu telah menutup jalur busway di sana, sehingga bus transjakarta terpaksa melewati jalanan umum.
    Jalanan reguler yang awalnya sudah macet total karena hujan deras yang selalu mengguyur Jakarta akhir-akhir ini bertambah ramai lagi oleh bus transjakarta dari arah CSW yang menuju Bundaran Senayan. Menurut warga di sekitar kejadian, pohon itu tumbang pada pukul 15.10 WIB (sore hari).
    “Dinas Pertamanan yang bertanggung jawab atas pohon tumbang tersebut belum juga tiba di lokasi setelah waktu yang cukup lama, sehingga bus transjakarta menambah ramai jalanan reguler di sini” tutur petugas TMC (Traffic Management Centre) yang sedang menertibkan jalanan di tempat tersebut.
    Berita ini disampaikan kepada pengendara agar menghindari jalanan tersebut.

    Contoh Berita Yang Dibawakan Oleh Pengisi Acara Di Stasiun Radio FM :
    Pohon Tumbang Jalur Busway Ditutup
    Selamat siang, pemirsa.
    Kembali lagi di Sekejap Info bersama saya,  Ghofar.
    Selama beberapa menit ke depan saya akan membawakan berita mengenai jalur busway yang ditutup akibat pohon tumbang.
    Pada Hari Rabu, 12 Maret 2012, hujan deras yang disertai angin kencang telah menumbangkan sebuah pohon yang cukup besar di depan sekolah Al-Azhar. Pohon besar tersebut tepatnya telah menutup jalur busway yang berada di Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sehingga bus transjakarta dari arah CSW menuju Bundaran Senayan terpaksa melewati jalanan umum.
     Menurut warga di sekitar kejadian, pohon itu tumbang pada pukul 15.10 WIB (sore hari) dan membuat jalanan reguler yang awalnya sudah macet total akibat hujan deras bertambah ramai oleh bus transjakarta.
     Ironisnya, dinas pertamanan yang bertanggung jawab atas pohon tumbang tersebut belum juga tiba di lokasi setelah waktu yang cukup lama, sehingga pohon yang cukup besar tersebut masih berada di tempatnya dan belum juga dipindahkan.
    Walaupun sudah ada tiga petugas TMC (Traffic Management Centre), tetap saja jalanan yang ramai oleh kendaraan-kendaraan yang saling berebut tidak dapat ditertibkan. Tapi untungnya, tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.
    Sekian informasi yang dapat saya sampaikan di Sekejap Info hari ini. Saya Ghofar, mohon undur diri.
    Oke saya kira cukup untuk post saya kali ini semoga dapat membantu anda semua dalam mengerjakan tugas. Anda dapat mengganti kata-kata sesuai keinginan anda.
    Contoh Pembacaan Berita Oleh Reporter Televisi Dan Pembaca Radio

    Post a Comment

    1. postingan tentang contoh pembacaan berita oleh reporter ini, sangat menarik untuk dibaca, Saya suka mengunjungi blog ini.

      ReplyDelete
    2. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

      ReplyDelete
    3. terima kasih banyak untuk berbagi informasi, Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua

      ReplyDelete
    4. thanks for agan yang telah berbagai http://goo.gl/9qwx75

      ReplyDelete
    5. thanks banget gan udah berbagai mantap deh artikelnya.. http://goo.gl/KJfrcQ

      ReplyDelete
    6. thanks banget buat juraga yang udah ngshare sama kita. http://goo.gl/y0Kq3u

      ReplyDelete
    7. thank you banget admin. Menarik Sekali artikelnya.

      ReplyDelete
    8. betapa ajibnya ini website, thank banget gan. http://goo.gl/D54amV

      ReplyDelete
    9. gan kalau boleh saran itu headernya diganti. http://wp.me/p4lBA7-v

      ReplyDelete
    10. thanks you pisan kang admin. http://bit.ly/1e5LTwD

      ReplyDelete
    11. atas segala kontennya terima kasih. http://bit.ly/usman01

      ReplyDelete
    12. terima kasih atas infonya semoa menjadi site terbaik.

      ReplyDelete
    13. terima kasih atas infonya.. http://bit.ly/obattumorjinak

      ReplyDelete
    14. terima kasih atas infonya, semoga ini bermanfaat. http://bit.ly/pyhepatitis

      ReplyDelete
    15. Min lumayan sitenya keren. Kunjungi balik ya http://bit.ly/obatsinus

      ReplyDelete
    16. kunjungi balik ya at http://bit.ly/obatsinus Don't forget.

      ReplyDelete
    17. saya ucapkan terima kasih banget buat sitenya. http://bit.ly/1iBkWHi

      ReplyDelete
    18. infonya keren, ajib deh buat admin. http://goo.gl/5cF6pP

      ReplyDelete
    19. terima kasih atas partisifasinya. http://goo.gl/o9uTVE

      ReplyDelete
    20. thanks banget buat infonya, semoga menjadi yang terbaik.

      ReplyDelete
    21. atas infonya saya ucapkan terima kasih. http://bit.ly/PPHtolol

      ReplyDelete

    Comment at this post if you find broken link or another. This is do-follow blogs and PR 1 , use Name/URL for get backlink for free NOT ADS, please don't use Live Link/Scam or your comment will deleted :)

     
    Top